Pengantar Saja

Kalau kamu tidak lebih baik daripada saya lebih baik kamu tidak usah lahir, dan saya tidak usah mati!....read more

Mengapa harus menulis?

apakah ketika kita menulis harus memiliki sebuah literature. Ide itu seringkali muncul, namun tidak dapat menuliskannya dan berhenti hanya di satu paragraf.....read more

Negara yang Beragama atau Manusia yang Beragama?

Ada Suatu kaum yang hidup tenang, tentram dan harmonis di antara warganya. Pola hidup mereka sangat sederhana atau bisa dikatakan masih primitif, tapi itu tidak penting....read more

Mereka tak Merasakan Bahagia?

apakah benar burung di langit yang bebas terbang kemana pun juga dapat merasakan bahagia?read more


.:: SELAMAT DATANG DI BLOG GENCAR ::.

LOGIKA BINER

Sabtu, 21 September 2013
Gambaran sederhana logika biner adalah satu ketegasan simbolis akan benar yang di operasionalkan dengan 1 dan salah dengan operasional 0. Logika biner akan dapat berkerja dengan baik untuk operasi logis yang tegas., seperti apakah dia laki-laki? tanda yang tegas bagi laki-laki dan perempuan akan menegaskan pula jawaban logis biner, yaitu 1 atau 0. akan menjadi lain ceritanya jika sesuatu yang di logikakan adalah sesuatu yang tidak tegas, sehingga dapat meemungkinkan jawaban 1 dan 0 sekaligus. 

Malam itu kami [penulis] dengan beberapa teman duduk di pinggiran kali ketabang Surabaya, membicarakan
dua Epos Mahabarata dan Ramayana. Puncak dari epos Mahabarata di Kurusetra, pertarungan antara kelompok Pandawa dan Kurawa, berakhir dengan kemenangan pandawa atas kurawa. Kelompok pandawa di gambarkan sebagai golongan yang baik, sebaliknya kurawa adalah golongan yang buruk perangai. Demikiankan, ketika setelah keseluruhan cerita itu di baca. Pernahkan berfikir pada sisi; bagaimana pengashan anak, kedatangan sengkuni, siapa sengkuni, juga karna [putra kunti] yang berada di pihak kurawa. Pernahkan berfikir sejarah kunti, siapa nakula-sadewa bagi prabu salya yang berada di pihak kurawa. Logika biner tidak dapat dengan tegas memberikan simpulan jawaban 0 atau 1, bisa sangat mungkin 0 dan satu sekaligus.

Dalam epos Ramayana, menggambarkan perseteruan antara Rama dan Rahwana, juga ada Shinta di antara mereka. Yang mengemuka dalam Ramayana sampai saat ini [besar kemungkinan] adalah kisah cinta Rama-Shinta. Puncak cerita, Shinta di culik Rahwana. Dibangunkan persepsi atas Rahwana ini sebagai tokoh Jahat dalam epos ini, sebaliknya Rama sebagai tokoh baik. Pernahkan berfikir dari sisi; Siapa Rahwana dan Rama sebelumnya, Mengapa dan Bagaimana Shinta di culik Rahwana, Bagaimana dan mengapa Shinta melakukan terjun di api "Bakar Diri" untuk menunjukkan kesetian, Kepercayaan Rama terhadap Shinta. Akhirnya sama, tidak dapat di jawab simpulkan tegas biner 1 atau 0. 

Ini hanya tulisan dari pembicaraan malam yang panjang di tepian kali ketabang., sekali saja . . .

baca tulisan lain DISINI
unduh tulisan DISINI

0 comments:

Posting Komentar